5 Cara Bikin Masker Beras Anti Ribet

Penulis:

Kategori:

Cara bikin masker beras berbeda dengan air beras. Meski sama-sama menggunakan bahan dasar beras, metode yang digunakan berbeda. Nah, supaya kamu tetap up-to-date, ini dia 5 cara bikin masker beras yang cocok untuk segala usia. Anti ribet!

5 Cara Bikin Masker Beras Anti Ribet - MaskerOrganik
Membuat masker beras berbeda dengan air beras meski keduanya sama-sama berbahan dasar beras

Pernah tidak sih kamu terpikir untuk membuat masker sendiri ?

Entah untuk menghemat pengeluaran atau mencari hasil yang maksimal, masker DIY (Do it Yourself) memang menarik untuk diterapkan. Jika kamu ingin membuatnya untuk perawatan di rumah, maka masker beras bisa dijadikan pilihan.

Melansir StyleCraze, beras putih kaya dengan inositol dan allantoin yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Inositol merupakan senyawa vitamin B kompleks, bekerja sebagai perangsang untuk pertumbuhan sel baru. Senyawa ini bekerja dalam menghambat proses penuaan. 

Sementara, allantoin adalah pelembap alami yang bekerja melembutkan kulit serta mencegah terjadinya iritasi. 

Artikel Terkait:
7 Cara Membuat Masker Air Beras, Rahasia Cantik Alami Wanita Jepang
Cara Membuat Masker Kopi untuk Wajah & 8 Manfaatnya

5 Cara Bikin Masker Beras Yang Highly Recommended Untuk Semua Usia

Dalam membuat masker beras, kamu bisa menggabungkan bahan inti dengan beberapa bahan lainnya sesuai dengan kebutuhan kamu. Tetapi perhatikan efeknya terhadap kulitmu ya. 

Kehati-hatian diperlukan agar masker DIY yang kamu buat tidak malah merusak kulit atau memberikan efek-efek yang kontra manfaat. Lalu, bagaimana cara bikin masker beras yang baik ?

Sebenarnya, cara bikin masker beras ada banyak ragamnya. Tidak bisa disimplifikasi bahwa salah satu ‘cara’ adalah yang paling tepat, sementara yang lainnya adalah salah. 

Selama bahan-bahan yang digunakan adalah alami, maka efeknya cenderung baik dan friendly di kulit. Berikut beberapa cara bikin masker beras yang bisa kamu coba.

#1 Masker Beras Natural

Untuk membuat masker ini, kamu perlu menyiapkan beras dan air secukupnya. Sedapat mungkin pilihlah beras organik, yakni beras yang proses penanaman dan produksinya tidak melibatkan pestisida, pemutih, maupun pengawet.

Cara bikin masker beras ke-1:

Pertama, rendam beras (jumlah secukupnya) dalam air jernih selama kurang lebih 12 jam. Lalu, tiriskan airnya dan pindahkan beras ke ulekan atau alat penumbuk.

Mulailah mengulek beras sampai teksturnya halus. Setelah menjadi tepung, tambahkan air secukupnya. Pindahkan ke tempat yang mudah untuk dibawa (toples atau botol). 

Kamu sudah bisa menggunakan mixture tersebut untuk masker wajah. Anda bisa menggunakan tangan ataupun kuas untuk meratakannya. 

Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Gunakan handuk lembut untuk mengeringkan wajah.

Masker ini membantu meredakan iritasi pada kulit wajah. Allantoin yang terdapat dalam masker beras ini juga berperan mendukung proses regenerasi kulit. Dengan demikian, kamu bisa mendapat tampilan yang sehat dan warna kulit cerah merata.

Tanpa campuran apapun, masker ini bisa dipakai setiap hari untuk mengurangi jerawat atau menghambat munculnya jerawat baru. Bonus lainnya, kamu bakal mendapati kulit wajahmu terasa lembut dan lembab.

#2 Masker Beras Dikombinasikan dengan Minyak Zaitun

Untuk membuat masker ini, siapkan terlebih dahulu bahan utamanya, yakni beras dan minyak zaitun. Sudah ready ?

Cara bikin masker beras ke-2:

Pertama, ambil beras secukupnya dan rendam dalam air jernih selama kurang lebih 12 jam. Setelah itu, tumbuklah sampai halus. Jika teksturnya sudah seperti tepung beras, maka kamu bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun. 

Jumlah beras maupun minyak zaitun bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Aduk adonan masker sampai merata, lalu oleskan pada wajah menggunakan tangan atau kuas masker. Biarkan masker menempel selama 30 menit sejak set. Kemudian, bilas wajah kamu menggunakan air bersih dan keringkan menggunakan handuk yang lembut.

Masker ini bertujuan untuk melembabkan kulit sekaligus meredakan peradangan. Minyak zaitun yang digunakan sebagai pelengkap masker ini juga bekerja secara efektif untuk mengurangi jerawat.

Minyak zaitun memiliki sifat anti radang dan anti bakteri. Lewat agen aktif yang dimilikinya, bahan ini mampu membersihkan wajah dari kotoran-kotoran penyebab jerawat. Bahan ini juga bersifat non-acnegenic, sehingga tidak menyumbat pori – pori.   

#3 Masker Beras Dikombinasikan Dengan Madu

Untuk membuat masker ini, kamu cukup menyediakan 2 bahan saja, yakni beras dan madu. Bagaimana cara membuatnya ? Simak di bawah.

Cara bikin masker beras ke-3:

Pertama, ambil beras secukupnya lalu rendam menggunakan air bersih. Perendaman dilakukan selama kurang lebih 12 jam. Kemudian, tumbuk beras menggunakan ulekan sampai berubah menjadi tepung.

Campurkan tepung tersebut dengan 2 sampai 3 sendok makan madu alami. Setelah diaduk rata, kamu bisa mengaplikasikan adonan tersebut ke wajah. Ratakan menggunakan kuas masker dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Setelah itu, bilas wajah menggunakan air bersih. Kamu tidak perlu menggosok-gosok wajah untuk menghilangkan bekas masker beras, melainkan cukup diusap saja. 

Kamu bisa menggunakan handuk lembut untuk membersihkan sisa masker (kalau masih ada).

Masker ini bisa diaplikasikan setiap 2 hari sekali. Tujuannya ialah untuk merawat kulit dan menghindari peradangan. Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga cocok untuk perawatan sehari-hari.

#4 Masker Beras Dikombinasikan Dengan Kunyit

Untuk membuat masker yang satu ini, kamu memerlukan beras, bubuk kunyit, serta madu sebagai bahan opsional.

Cara bikin masker beras ke-4:

Pertama, rendam beras dalam air jernih selama 12 jam, kemudian tumbuklah sampai halus. Setelah menjadi tepung, tambahkan 1 sendok makan bubuk kunyit. Beri sedikit madu jika kamu menginginkannya. Madu bisa diganti dengan air putih biasa.

Setelah siap, kamu bisa menggunakan campuran tersebut untuk masker wajah. Oleskan pada semua bagian wajah, lalu diamkan selama 30 menit.

Sebenarnya, masker ini menawarkan hasil lebih optimal apabila dibiarkan dalam waktu lama. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakannya sebelum tidur dan mencucinya setelah bangun tidur.

Masker ini bermanfaat untuk mengencangkan kulit. Tak hanya itu, masker beras yang dikombinasikan dengan kunyit juga membantu mengatasi hiperpigmentasi, yakni kondisi dimana kulit dihiasi spot gelap seperti freckles.

#5 Masker Beras Dikombinasikan Dengan Kayu Manis

Untuk membuat masker yang satu ini, sebaiknya kamu memiliki beras dan kayu manis di dapurmu.

Cara bikin masker beras ke-5:

Pertama, rendam beras selama kurang lebih 12 jam. Setelah itu, tumbuk beras sampai teksturnya halus. 

Campurkan tepung beras tersebut dengan 2 sendok makan bubuk kayu manis. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit.

Masker ini bertujuan mencerahkan kulit wajah dan menjaga kelembapannya. Kayu manis berperan mengurangi masalah jerawat dan menekan pertumbuhannya. 

Agen anti mikroba yang dikandung kayu manis juga diketahui efektif untuk melawan bakteri penyebab masalah kulit. Bahan ini juga bisa digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat.

Artikel Terkait:
4 Kegunaan Masker Putih Telur untuk Kulit Remaja
10 Langkah untuk Membuat Wajah Glowing Maksimal

Masker Beras Organik

Saat ini, tersedia masker organik di pasaran. Masker organik kemasan siap pakai tak kalah manfaatnya dengan masker beras DIY karena terbuat dari bahan alami.

Berbeda dari masker lainnya, masker organik memiliki efek natural dan minim efek samping.

Dengan begitu, masker ini bisa dijadikan pelengkap perawatan yang sedang kamu jalani. Fungsinya bermacam-macam, ada yang diperuntukkan melembapkan kulit, mencerahkan mata panda, mengurangi jerawat, membersihkan kotoran, hingga menutrisi kulit wajah.

Ayo coba sekarang!

Larissa Sastroadji
Larissa Sastroadjihttps://maskerorganik.net
Beauty enthusiast yang mendalami teknik perawatan wajah alami, DIY, dan home remedies. Penulis untuk topik kecantikan alami dan natural.

Baca artikel lainnya

Artikel Terkait

Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Jeruk Nipis, Bisa?

Bisakah menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis? Apa perbedaan manfaat jeruk nipis dan lemon? Apakah jeruk nipis juga memiliki manfaat yang sama untuk menghilangkan...

Cara Mengatasi Muka Kusam Permanen dalam 5 Menit

Ada cara mengatasi muka kusam secara permanen yang hanya perlu lima menit setiap hari. Ingat, komposisi dari semua perawatan wajah organik alami adalah rutinitas...

10 Masker Alami untuk Wajah Kusam

Masker alami untuk wajah kusam jadi pilihan kalangan muda dan tua untuk merawat wajah secara efektif dan tanpa efek samping. Kenali 10 masker alami...

10 Cara Membuat Masker Organik yang Aman

Sekarang, kamu bisa membuat masker organik sendiri di rumah dengan cara yang lebih mudah dan murah. Tampil penuh percaya diri dengan kulit wajah cerah...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here